Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KALENDER / TANGGALAN




1. Pengertian Kalender Secara sederhana calendar, kalender, atau tarikh serta penanggalan merupakan sebuah sistem untuk menamai suatu periode waktu

2. Jenis Kalender

1. Hijriyah

Pertama adalah penanggalan yang paling banyak digunakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Sistem perhitungan yang digunakannya adalah perhitungan bulan.

Perhitungan untuk penanggalan ini pertama kali dimulai saat Nabi Muhammad SAW pergi menuju ke Mekkah dan Madinah pada tahun 622.Biasanya penggunaan kalender ini adalah untuk menentukan hari-hari besar dalam agama islam. Beberapa diantaranya seperti menentukan kapan datangnya bulan suci ramadhan, kapan ibadah haji dilaksanakan dan sebagainya.

2. Masehi.

Selanjutnya adalah kalender yang digunakan oleh sejuta umat, termasuk di Indonesia yakni masehi. Penggunaan penanggalan terhitung kali pertama saat kelahiran yesus di Nazaret. Sistem perhitungan yang digunakan dalam penanggalan ini adalah perhitungan matahari (solar)

Bisa dibilang ini adalah penanggalan yang digunakan di seluruh dunia dengan tujuan untuk menyamaratakan seluruh perayaan hari penting. Dapat dibilang penanggalan yang satu ini juga merupakan alat komunikasi antar bangsa. Di dalam penanggalan ini terdapat 365 hari, 52 minggu, dan juga 12 bulan.

3. Saka

Ingat pada sistem sebelumnya dijelaskan terkait dengan penggabungan dua metode perhitungan yakni lunasolar, maka penanggalan ini contohnya. Berasal dari India, penanggalan yang satu ini pertama kali digunakan pada tahun 78 masehi. Dulu pernah digunakan oleh masyarakat Indonesia sebelum negara barat datang. Penggunaan tanggalan ini lebih banyak digunakan pada Indonesia daerah barat. Meskipun begitu biasanya penggunaan tanggalan ini di Indonesia sudah lebih dulu di modifikasi supaya bisa lebih sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Biasanya penambahan ini dilakukan dengan menambahkan penanggalan lokal.

4. Saka Bali

Salah satu contoh hasil dari modifikasi penanggalan saka yang berasal dari Indonesia adalah Saka Bali.
Penggunaan tanggalan ini banyak dilakukan oleh masyarakat Hindu yang tinggal di Bali.

Penanggalan ini merupakan hasil dari kalender saka yang sudah dimodifikasi dengan budaya-budaya kedaerahan.

Meskipun begitu pada penanggalan ini masih ditemukan beberapa perbedaan yang menyebabkan selisih pendapat. Itulah sebabnya penanggalan ini belum bisa dijadikan tanggalan umum.

5. Jawa

Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, Jawa memiliki tanggalan sendiri yang disebut sebagai kalender Jawa.

Hal unik dari penanggalan ini adalah sistem penentuannya yang bisa dibilang sangat rumit. Karena adanya penggabungan antara siklus mingguan pada umumnya dan siklus pancawara. 

dan lain sebagainya

Tugas : kelompok 

Model Kalender A3 gantung, Ada Desain gambar, 2 atau 3 bulan tersusun disesuaikan 

Tema Kalender SMK Negeri 7 Samarinda (berkaitan dengan gambar/desain Bangunan dan ruang sekolah, Taman dan lingkungan sekolah, guru-guru, siswa serta kegiatan/aktivitas sekolah.





Posting Komentar untuk "KALENDER / TANGGALAN"